Adsense

Wednesday, June 6, 2012

Beginilah Cara Bikin Telur Ayam Jadi Transparan



BANDA ACEH - Anda punya telur ayam itu biasa, tapi Anda punya telur ayam transparan, bisa terlihat isinya, ini baru luar biasa.

Bagaimana caranya agar bisa memiliki telur transparan? Nah, Anda cukup sediakan beberapa telor ayam mentah dan  cuka. Pertama, rendam telor dalam cuka (cuka glasial) selama 1-3 hari, lalu amati apa yang terjadi. Setelah diamati, cuci bersih telor dari kulit kerasnya.

Saat telor direndam dalam cuka, pada permukaan telor akan timbul gelembung-gelembung kecil CO2 hasil reaksi asam-basa. Bagian kulit telor yang keras mengandung 94% kalsium karbonat (CaCO3) yang bereaksi dengan cuka (asam asetat) sehingga menjadikan kulit telor yang keras larut dalam cuka, dan akhirnya telor hanya dibungkus oleh kulit arinya saja.

Nah, sekarang telornya jadi bening dan lunak seperti telor penyu. Selamat mencoba di rumah. Tapi, jangan dimakan ya, karena telur ini sudah melalui proses pencampuran zat kimia sehingga menjadi berbahaya. 

5 comments:

  1. baru tahu ada tips kayak gini tentang telur,jadi gak boleh dimakan ya,thanks tips nya ya,pingin nyoba deh :D

    ReplyDelete
  2. waah waah,,... manataab... thank gan,.. jadi pengen coba aah,.. btw, cukanya itu cuka biasa yang di jual di sup[ermarket dan warung-warung ya??

    ReplyDelete
  3. uwooo berarti kulit kerasnya ilang cuman ada ari nya aja ya? keren... besok tak coba

    ReplyDelete
  4. ahaayyy boleh juga ne tipsnya ,,,
    absen dulu :D

    ReplyDelete

Berikan komentar Anda untuk menilai setiap isi postingan, Admin melarang keras komentar yang berisi hal Porno,SARA/Rasis.
Terimakasih