Adsense

Tuesday, June 12, 2012

Komplek Makam Malikulsaleh dan Hamzah Fansyuri Segera Dipugar


JAKARTA -  Komplek Makam Malikulsaleh di Aceh Utara dan Makam Syekh Hamzah Fansyuri di Desa Obok, Kota Subulussalam, segera  dipugar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Komplek Makam Malikulsaleh dan makam Hamzah Fansyuri sudah masuk dalam program kegiatan kami dan akan dibangun tahun depan," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti saat diterima Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Farhan Hamid di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Menurut Wamen Bidang Kebudayaan itu, pemerintah menganggarakan Rp10 miliar untuk pembangunan cagar budaya Malikulsaleh.

Dalam pertemuan itu, selain mebicarakan rencana pemugaran kamwasan Kerajaan Samudra Pasai dan makam Hamzah Fansyuri, Farhan Hamid juga mengengigatkan Pemerintah tentang revitalisasi tempat pengasingan Soekarno di Ende, Nusa Tenggara Timur.

"Saya menyampaikan hal ini sebagai pesan khusus dari Ketua MPR Bapak Taufik Kiemas yang tak bisa hadir dalam pertemuan ini," kata Farhan Hamid. Wakil Ketua MPR dikabarkan dalam keadaan kurang sehat.

Saman dan Didong

Secara khusus Wamen Bidang Kebudayaan  menyampaikan rencana penyelenggaraan "Saman Summit" di Jakarta. Tari Saman yang telah ditetapkan oleh Unesco sebagai warisan kebudayaan dunia, menurut Wamen akan dipertunjukan kepada pablik dalam suatu kegiatan terpadu.

"Saya ikut hadir pada sidang penetaoan saman sebagai warisan budaya dunia di Bali. Itu tarian luar biasa. Wakil-wakil negara saat itu dijari menari saman oleh bupati Gayo Lues," cerita Wamen Wiendu.

Sementara Farhan Hamid menyampaikan rencana pihaknya menggelar pertunjukan didong jalu atau didong tanding di Gedung MPR.

"Didong adalah kesenian yang berlangsung satu malam suntuk, sama seperti wayang," kata Farhan Hamid.

Disebutkan, saman, didong merupakan wujud dari kekayaan  kebudayaan Indonesia, karenanya pemerintah harus memberi  perhatiaan, tambah Farhan Hamid. [Serambi Indonesia]

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar Anda untuk menilai setiap isi postingan, Admin melarang keras komentar yang berisi hal Porno,SARA/Rasis.
Terimakasih