Adsense

Thursday, June 27, 2013

Ketika Cristiano Ronaldo dan Martunis Reunian di Bali



Cristiano Ronaldo dan Martunis di Bali


MUNGKIN Martunis tak pernah menyangka. Di usianya yang menginjak 16 tahun ia kembali bertemu bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Dulu, Martunis berjumpa Ronaldo pada 2005. Kala itu, Ronaldo masih berseragam Manchester United. Usia Martunis pun sekitar 8 tahun.

Ronaldo menyambangi Aceh dan bertemu Martunis ketika ia melihat tayangan di televisi seorang bocah tersangkut di pohon bakau usai dihanyutkan gelombang tsunami. Tubuh cungkring Martunis berbalut seragam tim nasional Portugal, yang juga dibela Ronaldo.

Saat peristiwa itu terjadi, Martunis masih duduk di kelas III SD. Pagi itu, 24 Desember 2004, Martunis bermaksud bermain bola bersama rekannya. Ia yang sangat mengidolakan Ronaldo memakai baju Portugal. Sayangnya, tsunami datang tanpa diundang. Martunis pun berlari menyelamatkan diri bersama ibu dan adiknya dengan menumpang sebuah mobil pikap.

Menurut cerita ayah Martunis, Sarbini, pikap yang ditumpangi terbawa arus tsunami. Martunis pun terpisah dengan adik dan orang tuanya. Ia terseret gelombang laut. Martunis selamat setelah meraih sepotong kayu yang membuatnya bisa mengapung. Ia selamat setelah memanjat pohon bakau di kawasan rawa-rawa dekat makam Teungku Syiah Kuala.

Warga menemukannya dalam kondisi lemas setelah 19 hari kemudian. Pada 15 Juni 2005, televisi Inggris menyiarkan kabar tentang Martunis. Di Portugal, pelatih dan para pemain sepakbola negara itu langsung bersimpati pada Martunis yang memakai kaos tim nasional negara itu. Selain kunjungan Ronaldo ke Aceh, Martunis pun diundang ke Eropa. Oprah Winfrey menjulukinya sebagai bocah ajaib abad ini. Itu lantaran Martunis bisa selamat dari bencana mahadahsyat yang meluluhlantakkan sepertiga wilayah Aceh. 

Pertemuan dengan Martunis ternyata begitu membekas di hati Ronaldo. Ketika menjadi Duta Save The Children belum lama ini, Ronaldo mengatakan kisah Martunis begitu membekas dalam dirinya. Kepada The Sun, Ronaldo mengatakan, “Aku ada di sana (Aceh) untuk mengunjungi tempat-tempat bencana dan mendengar cerita rakyat. Begitu banyak orang mati itu luar biasa. Lebih dari 200 ribu. “
***
KINI, delapan tahun berlalu. Di Tanjung Benoa, Bali, Martunis kembali bertemu idolanya itu. Ronaldo datang ke Bali sebagai Duta Mangrove.
Di Bali, Ronaldo diterima langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani di Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali.
Sebelum menanam mangrove, seperti dilansir merdeka.com, Ronaldo memberikan jersey Real Madrid warna putih kepada SBY dan Ibu Ani. Kedua jersey tersebut bernomor 7, sama seperti Ronaldo gunakan saat merumput bersama Los Blancos, julukan Real Madrid.
Jersey yang diberikan kepada SBY dan Ibu Ani juga terdapat tanda tangan pacar supermodel Irina Shayk itu di belakang kiri bawah jersey tersebut. Ronaldo, SBY dan Ibu Ani.
Ke Bali, Ronaldo juga memboyong kekasihnya yang berasal dari Rusia itu. Ia memboyong Irina ke Bali dengan sebuah jet pribadi nanmewah.
Karena menggunakan pesawat jet pribadi, Ronaldo menghabiskan waktu perjalanannya dengan santai.
Ronaldo mendokumentasikan foto perjalanannya dan mengunggah di akun twitternya @cristiano. Dalam foto yang diberi title "Enjoying the vacation" itu, Ronaldo berpose dengan Irina di dalam jet.
Ronaldo benar-benar terlihat santai hanya dengan celana pendek dan singlet putih. Sebuah kaca mata menggantung di bajunya. Sementara  Irina memakai dress hitam polos dengan rambut tergerai.
Setibanya di Bali dan menginap di kawasan Nusa Dua, menurut panitia, CR7-julukan Ronaldo, tidak rewel urusan makanan.
"Tidak ada permintaan khusus. Jamuan makannya seperti kepada tamu kami. Menunya ada ikan, daging, salad, ya seperti itu," kata pengusaha nasional Tomy Winata di Denpasar, Selasa malam, saat menyambut kedatangan Ronaldo.
Sebagai pihak yang terlibat mendatangkan pemain terbaik dunia tahun 2008 bernomor punggung 7 tersebut, Tomy berusaha menjamu tamunya sebaik-baiknya.
"Waktu ketemu di Madrid bulan Maret 2013, saya dijamu makan oleh Ronaldo. Kini giliran saya yang menjamu Ronaldo," kata Tomy yang didampingi Direktur Artha Graha Networks Wisnu Tjandra. Seperti dikutip dari Antara, Selasa 25 Juni 2013.
***
RONALDO lahir di Funchal, Madeira, Portugal pada 5 Februari 1985. Pemain bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia ketika ditransfer Real Madrid dari Manchester United pada musim panas 2009 senilai 132 juta dolar atau lebih dari 1,3 triliun rupiah.
Dia mulai terkenal sejak bergabung dengan United sejak 2003. Awalnya, Ronaldo memilih nomor punggung 28 kala pertama bergabung dengan Setan Merah. Namun dia diberikan nomor 7 oleh Sir Alex Ferguson.
Debut pertamanya bersama Manchester United meraih kesuksesan saat berhasil mencetak gol perdana di Inggris saat mengalahkan Portsmouth 3-0 pada 1 November 2003.
Dua tahun usai bergabung dengan MU, Ronaldo dinobatkan sebagai pemain muda terbaik tahun 2005. Karirnya di Old Trafford terus berkembang. Pada bulan November dan Desember 2006, The Rocket--julukan lain Ronaldo yang mengacu kepada gerakan Ronaldo yang tak terhentikan seperti rocket--berturut-turut menerima penghargaan sebagai pemai terbaik Premiership.
Bersama Manchester United, Ronaldo berhasil merebut gelar juara Premiership pertama mereka dalam empat tahun terakhir. Saat itu dia juga berhasil menyarangkan gol ke 50 nya saat menghadapi rival satu kota mereka, Manchester City.
Pada 2 Desember 2008, Ronaldo menerima penghargaan Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) sebagai pemain pertama Manchester United yang menerimanya setelah George Best tahun 1968.
Pada bulan Juni 2009, Manchester United menerima tawaran sebesar 80 juta pounds dari Real Madrid setelah Ronaldo menyatakan keinginannya untuk meninggalkan klub.
***
SETELAH acara pemberian jersey untuk SBY dan Ibu Ani, Ronaldo menuju tempat penanaman mangrove. Di lokasi itulah, Martunis kembali bertemu idolanya itu.
Camat Syiah Kuala, Mustafa, yang mendampingi Martunis ke Bali mengatakan, saat bertemu keduanya berpelukan.
"Ya, Martunis bertemu saat Ronaldo turun dari mobil di tempat acara. Ronaldo berbicara dengan bahasa Inggris kepada Martunis yang dibantu penerjemah," ujar Mustafa.
Isi pembicaraannya Mustafa tidak tahu, karena ia berada jauh dari posisi mobil. "Saya tidak bisa mendekat ke sana, pengamanan ketat sekali. Apalagi Presiden SBY juga datang ke acara itu," ujarnya.
Yang ia lihat dari jauh, kata Mustafa, Ronaldo dan Martunis berpelukan lama sekali, seperti kakak adik yang lama berpisah.
Ronaldo juga sempat menanyakan beberapa hal kepada Martunis dalam bahasa Inggris lewat penerjemah. "Ronaldo bertanya apa Martunis masih suka main bola, dan apa ia masih sekolah," ujar Mustafa.
Sedangkan Martunis seperti dikuti Republika Online mengaku senang dapat kembali bertemu idolanya itu. "Senang bisa bertemu kembali dengan Ronaldo," kata Martunis.
***
PERTEMUAN Martunis kembali dengan Cristiano Ronaldo di Bali ternyata melewati beberapa persiapan. Camat Syiah Kuala Mustafa kepada ATJEHPOSTcom bercerita, sekitar sebulan sebelum ke Bali, ia dipanggil Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin.
"Pak Wali bilang tolong jemput Martunis," ujarnya, Rabu 26 Juni 2013. Mustafa tak menanyakan lebih lanjut apa maksud wali kota.
Ia pun menjemput Martunis di Sekolah Menengah Atas Adidharma, kawasan Kampung Mulia, Banda Aceh. Tahun ini, Martunis naik kelas tiga.
Dengan seragam sekolahnya, Martunis diajak Mustafa ke ruang kerja Mawardy Nurdin. Di sana, wali kota mengeluarkan telepon selulernya dan menjepret Martunis beberapa kali.
Mustafa tak berani menanyakan apa maksud Pak Wali. Hanya saja, kata dia, Mawardy mengatakan kepada Martunis, foto itu akan dikirim ke Cristiano Ronaldo. "Mungkin gambar itu dikirim agar Ronaldo mengenali Martunis," ujar Mustafa.
Usai menjepret Martunis, Mawardy hanya mengatakan kemungkinan Juni ini Ronaldo akan ke Indonesia, dan Martunis bisa bertemu. Namun tempat pertemuan belum jelas.
Beberapa hari lalu, Mustafa baru mendapat kabar. "Kajeut berangkat u Bali," ujar Mustafa menirukan perkataan Mawardy. Ia pun berkemas untuk membawa Martunis ke Bali dan bertemu Ronaldo.
Setelah akomodasi diberikan, berangkatlah ia membawa Martunis lewat Bandara Sultan Iskandar Muda. Tak lupa, Mustafa juga berpamitan dengan orang tua Martunis. "Saat itu orang tua dan saudaranya sedang sibuk, jadi tidak mungkin saya ajak," ujar Mustafa. Wali Kota Mawardy Nurdin pun tak ikut karena sedang umrah.
Entah foto Martunis sudah sampai di tangan Ronaldo. Tadi pagi, saat turun dari mobil di acara penanaman pohon bakau di Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, Ronaldo ternyata masih mengenali remaja asal Tibang, Banda Aceh, itu.
***
SELAIN bertemu Ronaldo, Martunis juga sempat bersalaman dengan Presiden SBY. Bahkan, SBY langsung menulis Martunis dalam twitter pribadinya.
Dalam tweet tersebut, SBY menyatakan Ronaldo terinpirasi dari Martunis untuk menjadi duta mangrove.
"Martunis, warga Aceh yg selamat dr tsunami krn tersangkut Mangrove. Ia menginspirasi C. Ronaldo sbg Duta Mangrove," tulis SBY dalam akun twitternya @SBYudhoyono.
Bahkan, twitter pribadi orang nomor satu di Indonesia tersebut juga memasukkan foto Martunis bersama Presiden SBY dan ibu negara Ani Yudhoyono.
Camat Syiah Kuala, Banda Aceh, Mustafa, mengatakan, sebelum penanaman pohon, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan  memberikan kata sambutan.
"Saat itu menteri sempat menceritakan tentang tsunami Aceh lalu mengenalkan Martunis, sebagai salah satu korban yang selamat dari tsunami," ujar Mustafa.
Saat SBY memberikan kata sambutan, Mustafa yang berdiri jauh dari panggung sempat mendengar presiden menanyakan tentang sekolah Martunis. "Martunis diajak ke panggung dan SBY menanyakan 'apa masih sekolah?' dan 'sekolah di mana?'."
***
DI lokasi, Ronaldo yang terus menebarkan senyum terlihat antusias. Ia juga disambut tarian khas Bali dan juga sejumlah anak kecil yang memakai jersey Real Madrid.
Sementara Ronaldo mengenakan kaos biru gelap dengan garis-garis merah, putih dan hijau serta mengenakan celana jeans dan sepatu kets.
Setelah mendengarkan sambutan dari Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Presiden SBY kurang lebih 30 menit, Ronaldo kemudian menuju panggung yang disediakan untuk penanaman pohon bakau.
Dengan santai dan sesekali menebar senyum, Ronaldo kemudian mengambil tanah dengan sekop yang dimasukkan ke dalam pot serta menyiramnya. Ia pun tampak ramah menyambut bidikan kamera fotografer sambil melambaikan tangannya. Sebelum Ronaldo, SBY lebih dulu melakukan seremoni serupa.
Sekitar pukul 11.00 WITA, ia kemudian meninggalkan tempat acara dan dikabarkan menuju hotel tempatnya menginap.
***
RABU malam, 26 Juni 2013, Ronaldo mengundang Martunis untuk makan malam. "Tadi panitia sempat mengabarkan makan malam sekitar pukul 18.00 (waktu indonesia tengah) di Hotel Kartika. Tapi  sekarang diundur lagi," ujarnya kepada ATJEHPOSTcom lewat telepon seluler, Rabu sore.
Sebelum makan malam itu, Martunis juga sempat diwawancara oleh beberapa stasiun televisi nasional seperti Metro TV dan RCTI. Wawancara berlangsung secara bergantian di dalam kamar tempat Martunis dan Mustafa menginap di Hotel  Kartika, Denpasar, Bali.
Martunis, kata dia, ditanyakan para wartawan soal perasaannya usai bertemu Ronaldo dan kondisinya di Aceh sekarang. "Mereka juga menanyakan apa cita-citanya. Martunis menjawab ingin menjadi pemain bola," ujar Mustafa.


Source : Atjeh Post

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar Anda untuk menilai setiap isi postingan, Admin melarang keras komentar yang berisi hal Porno,SARA/Rasis.
Terimakasih