Adsense

Sunday, September 7, 2014

Akibat Kekurangan Dana, Markas Kepolisian London Dijual


Tak sanggup membayar biaya perawatan, gedung bersejarah di Inggris ini harus rela masuk lelang.
Keputusan berani dan mengejutkan diambil Kepolisian London, Inggris. Penegak hukum negeri Ratu Elizabeth ini siap melepas salah satu markas terkenal dan bersejarah agen rahasia Inggris Scotland Yard dengan harga US$ 412 juta setara Rp 4,85 triliun.
Kepolisian London beralasan, penjualan salah satu gedung bersejarah ini dipicu biaya perawatan yang mahal. Bangunan ini juga dianggap sudah ketinggalan zaman sehingga kurang praktis dipakai sebagai markas modern.

"Ini adalah sebuah bangunan yang sangat mahal untuk merawat dan mengoperasikannya," kata Craig Mackey, wakil komisaris Kepolisian London seperti dikutip dari laman Emirate247, Minggu, 7 September 2014.
Setiap tahunnya, kepolisian London mengaku harus mengeluarkan tak kurang 50 juta poundsterling untuk perawatan gedung yang telah menjadi latar lusinan film detektif dan spionase selama puluhan tahun itu.

Markas Scotland Yard memiliki luas 56 ribu meter persegi. Gedung ikon berlantai 22 itu terletak tidak jauh dari Gedung Parlemen dan Istana Buckingham di Victoria. Scotland Yard telah menjadi rumah bagi Kepolisian Metropolitan London sejak tahun 1967.
Saat ini para polisi kota London diketahui telah pindah ke bangunan yang lebih modern di dekatnya.
Keputusan menjual bangunan bersejarah itu memang akan menghemat pengeluaran pemeliharaan dan hasilnya bisa bisa diinvestasikan untuk keperluan kepolisian yang lain. Salah satu bentuk investasi adalah pembelian kamera pengintai dan tablet serta smartphone yang memungkinkan petugas di lapangan melaporan tanpa perlu kembali ke markas.

"Sudah ada perusahaan internasional dan Inggris yang tertarik pada Scotland Yard," kata Simon Hodson dari Jones Lang LaSalle, perusahaan yang menangani penjualan.
"The Yard", dinamai demikian karena terletak di jalan jalan bernama Great Scotland Yard. Markas ini menjadi terkenal di dunia karena sering ditampilkan dalam cerita detektif fiksi Sherlock Holmes dan Hercule Poirot.

Sayangnya, ujar Hodson, pemilik baru cenderung kurang tertarik pada bangunan bersejarah sebagai situs bersejarah. "Bangunan ini akan dihancurkan, hampir pasti," katanya.
Bangunan tersebut saat ini bernama New Scotland Yard tapi nama itu akan dipakai untuk rumah barunya di gedung Curtis Green yang terletak di Victoria Embankment. | DREAM.co.id

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar Anda untuk menilai setiap isi postingan, Admin melarang keras komentar yang berisi hal Porno,SARA/Rasis.
Terimakasih