Adsense

Wednesday, January 23, 2013

Inilah Penyebab Gempa Aceh


BANDA ACEH | Peneliti Geo Hazard Tsunamy Disaster Mitigation and Research Center (TDMRC) Unsyiah, Ibnu Rusdy mengatakan bahwa gempa berkuatan 6,0 SR yang mengguncang Aceh subuh tadi sangat berbeda dengan gempa-gempa yang terjadi sebelumnya.

"Gempa pagi kemarin, berbeda dengan gempa-gempa di Aceh yang terjadi sebelumnya," katanya kepada Waspada online, hari ini.

Dijelaskan, jika sebelumnya, gempa yang sering terjadi di Aceh berada di zona Subduksi, seperti gempa dahsyat pada 26 Desember 2004 beberapa tahun yang lalu, dan juga gempa 11 April 2012 yang terjadi di kerak samudera dengan mekanis sesar geser. "Sedangkan gempa kemarin,  terjadi bukan di laut, namun di darat, yakni karena adanya pergerakan sesar Sumatra," ujarnya.

Karenanya, lanjutnya, gempa sesar Sumatra yang terjadi subuh itu,  memiliki mekanisme gempa strike-slip atau sesar geser. "Pihak USGS Amerika telah berhasil memplotkan mekanisme fokus gempa berdasarkan perambatan gelombang primer. Dan dari pemetaan titik gempa terjadi di sesar Sumatra dengan arah jurus (strike) sebesar 308 derajat dari utara dan kemiringan bidang (dip) 75 derajat," tukasnya.


Sumber : Waspada online

1 comment:

Berikan komentar Anda untuk menilai setiap isi postingan, Admin melarang keras komentar yang berisi hal Porno,SARA/Rasis.
Terimakasih